5 Cara Menentukan Ide Konten Media

Konten media merupakan isi atau postingan yang Anda unggah di akun media sosial, baik pribadi maupun perusahaan atau organisasi.

Tidak sembarang foto, tulisan, atau video yang bisa Anda kirimkan, Namun sebaiknya menarik, agar mencapai tujuan yang ditargetkan.

Apa yang dimaksud tujuan atau target Anda dalam bermedia sosial?

Secara umum target tersebut, yakni branding dan meningkatkan penjualan dalam arti luas.

Harapannya, konten yang ada di media dapat membantu membuat orang lain sadar dengan Anda dan produk yang ditawarkan (jika pemilik usaha).Branding sendiri bisa saja sebagai professional atau organisasi sosial.

5 Cara Menentukan Ide Konten Media

Konten memang mempunyai fungsi penting dalam bermedia sosial. Namun, untuk membuat yang menarik tentu membutuhkan semangat tersendiri.

Apalagi terkadang, seseorang kehabisan ide untuk membuatnya terus menerus?

Kalau hal itu terjadi, apa yang harus dilakukan? Anda dapat menerapkan cara menentukan ide berikut.

1. Riset dari Akun Lain

Anda boleh saja melakukan riset dari akun lain yang sejenis atau dar perusahaan yang serupa.
Harus tetap diingat, riset tidak dimaksudkan untuk meniru gagasan secara 10 persen.

Anda hanya perlu melihat, bagaimana orang lain mengelola akun media sosial. Isi disesuaikan lagi dengan tujuan dan target perusahaan.

2. Bertanya kepada Netizen

Bertanya kepada audiens atau dalam hal ini netizen bisa dilakukan sekali-sekali. Misalnya, Anda adalah pemilik komunitas parenting.

Tanyakanlah kepada teman di Instagran atau Facebook, “Ilmu parenting apa yang menurut Anda penting dimiliki di era digital.

3. Ringkasan dari Diskusi atau Seminar

Konten bisa saja dibuat berdasarkan ringkasan diskusi atau seminar yang dihubungkan dengan materi pelajaran.

Misalnya, Anda menjual keperluan anak usia 1 sampai 5 tahun. Anda bisa saja dapat membuat ide dari seminar parenting yang diikuti.

4. Membaca

Hampir semua orang meyakini, membaca menambah wawasan. Jadi, jika konten tidak monoton, sesekali keluarkan buku favorit dan kembali membacanya.Membaca berbagai jenis buku biasanya akan melahirkan ide dengan lebih cepat.

5. Memperhatikan yang Sedang Tren

Konten yang sedang tren menarik banyak minat pembaca.

Segala sesuatu yang sedang tren dapat diketahui dari Twitter atau cek di Google trends.

Bagaimana? Anda siap mencoba untuk membuat konten media yang menarik dengan konsisten? Terus saja berinovasi, maka ide akan datang dengan sendirinya.

9 pemikiran pada “5 Cara Menentukan Ide Konten Media”

  1. Mengenai ide konten media ini suka gampang-gampang susah sih ya. Aku bahkan jarang update media sosial. Karena kupikir apa yang akan aku bagikan? Masa iya hanya kegiatan personal. Aku kan bukan artis yang bakal ditungguin kesehariannya. HEhehehe

    Maka, tips cara menentukan ide konten media ni perlu banget untuk kita pelajari. Biar nggak bingung lagi mau update cerita apa. Iya nggak sih?

    Balas
  2. Wahh menarik banget nih, dari beberapa hal yang dilakukan diatas emang sering banget kulakuin untuk menentukan ide konten di medsos atau blog yang kukembangkan. Tapi kalau untuk yang nomor 3 jarang banget, karena biasanya di seminar gitu biasanya materinya cuma boleh dishare di seminar aja..

    Nah untuk yang seminar mungkin setelah dilakukan sendiri dari pengalaman baru deh di share hihi..

    Balas
  3. Iya nih..membuka mata, telinga dan hati dengan luas bahwa ada konten yang bisa diangkat kalau kita jeli. Mansyarakat membawa ke konten yang diminati, bisa juga disesuaikan dengan minat kita yaa.. Biasanya gak jauh-jauh juga dari audience.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.