Di era digital seperti sekarang, istilah content creator marketing mungkin sudah tidak asing lagi. Anda pernah membaca tulisannya di iklan media sosial atau lainnya.
Apa yang dimaksud dengan istilah di atas? Apa saja fungsinya? Yuk, perhatikan sedikit ulasan berikut.
Pengertian Content Creator Marketing
Content , creator, dan marketing merupakan tiga kata yang maknanya berbeda satu sama lain.
Content yang dalam bahasa Indonesia sebagai ‘konten’ adalah semua ungahan yang Anda bagikan di sosial media, baik berupa foto, video, poster, dan sebagainya.
Sementara itu, creator mengacu kepada orang yang membuat dan menggunggah konten. Terakhir, marketing berarti pemasaran atau memperkenalkan produk kepada orang lain.
Jadi, berdasarkan penjelasan singkat di atas, content creator marketing adalah orang yang membuat dan menyebarkan konten di media sosial sehingga yang melihatnya merasa tertarik. Jika akun media sosial merupakan perusahaan yang berdagang, maka akhirnya konsumen akan tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Bagi Anda yang memiliki akun media sosial untuk hiburan, istilah content creator sering dianggap tidak penting. Padahal jika Anda mengunggah sesuatu di media sosial, ingin orang lain melihat dan membacanya, bukan? Apalagi jika disertai subscribe, following, dan seterusnya.
Di sinilah seorang content creator berperan. Mereka membuat postingan menjadi menarik, tidak membosankan, dan ditunggu-tunggo oleh follower.
Secara umum, content creator mempunyai fungsi, antara lain:
- Menciptakan awareness atau kesadaran akan produk yang kamu jual. Misalnya, shampoo hijab. Orang yang tidak berhijab kemungkinan tidak akan tertarik dengan shampoo yang dimaksud. Namun, memorinya akan menyimpan produk yang sering lewat di time line atau beranda media sosial. Di saat membutuhkan untuk diri sendiri atau tetangga, mereka akan mengingat shampoo hijab.
- Membuat audiens atau konsumen melakukan riset. Ini umum terjadi dan dilakukan, di saat konsumen membutuhkan barang. Sebelum transaksi, riset terhadap kualitas barang dan toko dilakukan dengan membandingkannya dengan barang sejenis dari toko berbeda.
- Membuat audiens atau netizen memutuskan untuk menggunakan produk yang ditawarkan.
- Membuat konsumen membeli produk, di saat sekarang atau waktu yang akan datang.
Itulah sedikit ulasan tentang apa itu content creator marketing. Seseorang yang membuat tampilan media sosial menjadi lebih baik dan sesuai tujuan.