Dampak Positif Mempersingkat URL dalam Digital Marketing

Digital marketer harus paham betapa pentingnya mempersingkat URL dalam langkah pemasaran di platform digital.

Ini merupakan sebuah bentuk link URL yang pendek dan ringkas. Bisa dikatakan juga bahwa ini adalah versi pendek dari sebuah URL yang panjang.

Tidak hanya membuatnya tampak jadi lebih rapi, dengan mempersingkat link lebih pendek ternyata memberikan banyak manfaat dalam dunia digital marketing.

Manfaat Mempersingkat URL dalam Digital Marketing

Mari cari tahu apa saja sebenarnya manfaat dari penggunaan link pendek ini.

Mengapa para pebisnis digital sangat disarankan untuk mempersingkat URL yang panjang menjadi lebih singkat.

Berikut ini deretan manfaat dari short link dalam digital marketing:

Mempermudah Anda untuk Share URL

Jika URL atau link-nya pendek, maka Anda bisa lebih mudah membagikannya. Salah satu langkah mudah dan sederhana yang bisa dilakukan dalam pemasaran bisnis digital adalah membagikan link.

Anda bisa share link bisnis tersebut lewat berbagai platform, terutama melalui media sosial. Jika URL-nya terlalu panjang maka seringkali susah untuk dibagikan.

Anda pasti tahu kalau beberapa platform membatasi karakter yang bisa di-input. Misalnya, Anda ingin membagikan link bisnis lewat Twitter.

Sayangnya, ada pembatasan jumlah karakter di sana. Akhirnya Anda tidak bisa membagikan link tersebut karena terlalu panjang dan melewati batas karakter mereka.

Mempermudah Link Masking

Pemakaian link pendek akan mempermudah Anda dalam melakukan link masking.

Link masking merupakan upaya untuk menyembunyikan link atau tautan yang asli.

Jadi alamat asli dari tautan Anda tidak akan terlihat oleh orang lain. Biasanya ini dilakukan untuk keperluan branding dan digital marketing.

Anda bisa memberikan nama link yang jauh lebih mudah untuk dikenali dan diingat oleh audiens.

Lebih bagus lagi jika Anda membuat link yang menonjolkan brand Anda sehingga audiens langsung mengetahuinya.

Ini juga bisa jadi langkah tepat untuk memberi kejutan kepada audiens mengenai isi konten dalam website tersebut, misalnya promo produk atau penawaran produk baru.

Mempermudah Tracking

Mempersingkat link lebih pendek juga akan membantu Anda dalam melakukan tracking.

Sebagai pelaku bisnis digital, Anda tentu perlu melakukan data tracking. Anda perlu mendapatkan informasi terkait pengunjung website maupun angka konversi yang berhasil diraih.

Data ini bisa Anda dapatkan dengan penggunaan short link yang tepat. Jadi Anda bisa mengevaluasi apakah langkah digital marketing yang dilakukan sudah efektif.

Mempermudah Akses

Link pendek membuat audiens Anda jadi lebih mudah melakukan akses. Mari bandingkan dengan link panjang.

Risiko kesalahan saat menyalin link panjang jauh lebih besar daripada link yang pendek.

Anda sebagai pengguna internet juga pasti pernah mengalaminya. Link yang panjang cenderung susah untuk diingat dan bisa saja ada satu karakter terhapus saat penyalinan hingga link tidak bisa diakses.

Penggunaan link yang pendek jauh lebih efektif dan praktis. Bahkan pengguna bisa mengingat link tersebut dengan mudah.

Kesalahan akses bisa diminimalkan karena input-nya jauh lebih praktis. Dari segi visual, link pendek lebih enak dipandang dan lebih mudah untuk dikenali.

Ini akan membantu target audiens Anda melakukan akses ke website dan meningkatkan konversi.

Short link ternyata memiliki banyak peran penting dalam dunia digital marketing.

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui seperti apa cara membuat link pendek yang efektif.

Anda bisa menggunakan fitur memperpendek link dari come.to. Cukup masukkan link URL yang panjang lalu kustomisasi link pendeknya dan tunggu sebentar sampai link pendek bisa Anda bagikan ke publik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.