Mengenal Apa Itu Teknologi Machine Learning

Sekarang ini teknologi mulai berkembang pesat, salah satunya yaitu dengan adanya teknologi machine learning yang merupakan cabang dari artificial intelligence untuk membantu manusia untuk terus belajar. 

Nah, untuk tahu lebih lanjut, Anda bisa menyimak penjelasan mengenai machine learning berikut ini.

Baca juga: Keuntungan Ternak Blog 

Mengenal Teknologi Machine Learning Lebih Dekat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, machine learning adalah salah satu bagian dari artificial intelligence yang dapat membantu manusia untuk terus belajar. 

Cara kerja machine learning sendiri adalah membuat sebuah sistem atau algoritma yang belajar dari data yang telah dikumpulkan untuk meningkatkan akurasi suatu program dari waktu ke waktu.

Jadi, teknologi machine learning ini membuat sebuah algoritma yang nantinya akan terus dilatih untuk bisa menemukan dan membuat pola tertentu dalam membaca sejumlah data. Sehingga bisa membuat prediksi dari data-data tersebut.

Semakin bagus algoritma yang dilatih, maka semakin bagus pula prediksi dan keputusan yang dibuat oleh si machine learning ini dengan output yang akurat.

Contoh dari penggunaan machine learning di kehidupan sehari-hari adalah asisten digital yang ada di smartphone dan bisa digunakan untuk menjalankan suatu perintah hanya dengan ketikan atau suara saja.

Tipe-Tipe Penggunaan Machine Learning

Dalam penggunaannya, ada 2 tipe utama penggunaan machine learning ini dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut ini.

  • Supervised Learning

Supervised learning adalah teknik yang bisa diterapkan dalam sebuah mesin untuk menerima informasi yang sudah ada pada data dan mampu memberikan label tertentu. Sehingga Anda bisa memberikan output yang sesuai dengan membandingkan pengalaman di masa lalu.

Contohnya ketika Anda memiliki beberapa film dan diberi label tertentu. Seperti beberapa film yang diberikan label komedi, atau beberapa film lainnya yang bisa dikategorikan sebagai film horor. Nah, ketika Anda akan membeli film baru, Anda bisa mengidentifikasi genre dan isi film tersebut dan memberikan label pada kategori yang sesuai.

  • Unsupervised Learning

Lalu yang kedua ada tipe unsupervised learning. Teknik bisa Anda gunakan pada mesin yang tidak memiliki data yang bisa diterapkan secara langsung. Sehingga bisa membantu Anda dalam menemukan struktur atau pola yang nantinya digunakan untuk mengelompokkan data menjadi kategori tertentu. 

Teknik ini berbeda dengan teknik sebelumnya karena Anda tidak memiliki data yang bisa digunakan sebagai acuan. Contohnya ketika Anda tidak pernah membeli film apa pun, tetapi di lain waktu ingin membeli beberapa film dan membuatkan kategori agar film tersebut mudah ditemukan.

Nah, setelah itu barulah Anda mulai mengindentifikasi film yang mirip satu sama lain dengan mengelompokkannya berdasarkan genre. Misalnya saja film Spiderman No Way Home yang bisa dikategorikan sebagai genre Action.

Baca juga: Manfaat Landing Page Blog untuk Bisnis 

Fungsi Machine Learning Dalam Beberapa Bidang

  • Bidang Kedokteran

Di bidang kesehatan, machine learning bisa digunakan untuk memberikan informasi mengenai kondisi kesehatan seseorang selama proses perawatan. Misalnya saja dengan menggunakan mesin elektrokardiogram yang dapat mendeteksi penyakit jantung sejak dini.

  • Bidang Computer Vision

Untuk bidang yang satu ini, biasanya berfungsi untuk mengekstrak informasi dari gambar. Misalnya saja fungsi pemindai wajah di ponsel dengan berbasi AI atau pada akun media sosial. 

  • Bidang Information Retrieval

Yang ketika adalah dalam bidang information retrieval. Bidang ini sering digunakan dalam fitur penerjemah bahasa di mesin pencarian komputer. Sehingga dapat membantu Anda mencari dan mendapatkan informasi yang diinginkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai teknologi machine learning yang ada dekat di kehidupan sehari-hari kita. Semoga bisa membantu Anda mengenal lebih dekat dengan machine learning ini.

 

2 pemikiran pada “Mengenal Apa Itu Teknologi Machine Learning”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.