5 Tips Menerapkan Instagram Marketing

Sejak Instagram mulai diluncurkan tahun 2010, berbagai peluang besar untuk pemilik bisnis mulai muncul dan melakukan pemasaran lewat Instagram marketing. Banyak sekali brand yang sudah sukses untuk meningkatkan penjualan serta brand awareness lewat platform ini.

Namun, agar bisa meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan yang banyak dari Instagram, kamu pun harus membuat strategi yang bagus. Berikut beberapa tips menerapkan Instagram marketing yang dapat kamu jalankan. 

Baca juga: Apa Itu Content Creator Marketing?

5 Tips Menerapkan Instagram Marketing

  1.   Menciptakan suatu komunitas lewat hashtag

Bisa dikatakan kalau hashtag di instagram hampir mirip dengan hashtag di media social lainnya seperti twitter. Fungsinya pun juga untuk menjangkau lebih banyak audiens secara global.

Lewat pencatuman hashtag ini, maka tentu saja akan memungkinkan berbagai foto dan video yang sedang diposting dapat dilihat langsung lebih banyak orang ketimbang tidak menyertakan hashtag sama sekali.

Oleh sebab itu, kamu bisa menciptakan komunitas lewat hashtag ini. Misalkan saja seperti akun instagramnya Tech in Asia Indonesia yang menciptakan hashtag #startup indonesia dalam membangun komunitas lewat pengguna Instagram.

Jadi, semua pengguna Instagram yang punya ketertarikan terhadap bidang startup maka bisa bagikan pengalamannya di lingkungan komunitas hashtag tersebut.

  1.   Mempromosikan bisnis lewat kerjasama dengan pihak luar

Semua pelaku bisnis sudah pasti berupaya untuk meningkatkan penjualan produk lewat platform Instagram dengan cara-cara cerdas. Salah satunya menjalin kerja sama bersama pihak luar.

Dimana mereka akan saling mempromosikan akunnya pada audiens. Tujuannya yang tak lain untuk meningkatkan jumlah followers dari setiap akun yang menjalin kerjasama tersebut.

  1.   Kesesuaian tren bisnis dan followers

Setiap strategi konten yang dibuat pada followers sudah pasti harus menyesuaikan dengan perkembangan tren, khususnya terhadap target pasar kamu sendiri. Jika kamu sudah memahami sasaran pasar, maka selanjutnya tentukanlah foto dan video yang tepat untuk disajikan kepada audiens.

Baca juga: Tips Membuat Artikel SEO Friendly bagi Pemula 

  1.   Menggunakan fitur yang tersedia

Layanan dari Instagram semakin hari semakin canggih saja. Sehingga semua pengguna pun bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan mudahnya khususnya dalam hal pemasaran.

Layaknya Instagram story, maka fitur ini pun bisa memberikan informasi pada follower lewat cerita Instagram yang dibagikan, baik itu dalam bentuk foto maupun video dengan waktu tayangnya selama 24 jam.

Lewat fitur-fitur ini, kamu juga lebih mudah untuk mengelola konten foto dan video menjadi postingan yang berkualitas, sehingga sangat memungkinkan untuk menarik semua perhatian pembeli produk. Tentu saja jika dioptimalkan, kualitas konten pun lebih maksimal.

  1.   Berinteraksi bersama custome sebagai bentuk engagement

Memang waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama dan tentu saja tidak mudah untuk memulai marketing di platform media social terkenal seperti Instagram. Saat kamu ingin membangun brand awareness, maka strategi yang tepat sangatlah dibutuhkan dalam hal ini.

Untuk itu, interaksi dengan pengguna lewat Instagram juga cukup membantu agar bisa membangun engagement pengguna. Salah satunya yaitu dengan berinteraksi dengan followers yang juga punya target pasar sama dengan bisnismu sendiri.

Trik tersebut biasanya dilakukan oleh admin Instagram dengan berdialog lewat kolom komentar ataupun direct message.  Dengan demikian, pengguna pun merasa kalau ia dikenali secara khusus oleh bisnismu. Pada akhirnya ini bisa membangun engagement yang bagus.

Itulah berbagai strategi Instagram marketing yang dapat kamu terapkan. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, maka ini akan menunjang kelancaran bisnis serta meningkatkan penjualan.

 

 

8 pemikiran pada “5 Tips Menerapkan Instagram Marketing”

  1. Banyak cara untuk melakukan trik marketing di platform media sosial seperti instagram ini ya. Memang tidak mudah dan tidak instan hasilnya, asalkan mau berproses dan mengikuti caranya dengan tekun pasti akan ada hasilnya.. 🙂

    Balas
  2. Salah satu kiat berbisnis di zaman now adalah memanfaatkan IG sebagai media marketing, asal tahu trik dan tipsnya ya. Tips yang mbak share di atas sudah merupakan jurus jitu, tinggal dipraktekkan saja bagi yang membutuhkannya.

    Balas
  3. Interaksi sih yang penting tapi kadang terlupakan. Kalau brand responsif ke komen, DM atau saran & kritik konsumen dengan attitude yang baik, pasti bakal disukai. Bakal diinget juga sebagai brand yang ramah dan reachable oleh konsumen.

    Balas
  4. penggunaan hashtag di IG itu memang masih pengaruh ya mba, tapi kudu tricky banget. tau seberapa bagus hashtag yang dipakai. menurutku wejangan “content is a king” itu masih sangat relevan sebagai pondasi instagram marketing

    Balas
  5. Komunitas memang penting untuk sarana bantu instagram marketing. Hashtag juga cukup baik, namun memang harus mencari kata yang pas untuk dipakai supaya dapat menjangkau orang-orang baru.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.