Virtual Reality Indonesia: 10 Manfaatnya untuk Industri

Teknologi virtual reality Indonesia dan augmented reality, saat ini ternyata dapat membantu beberapa jenis industri. Hal ini dilakukan agar mempermudah konsumen dan pelanggannya.

Dengan adanya kemampuan visual ini bisa menampilkan objek secara 3D, sehingga virtual reality akan membantu banyak hal. Salah satunya dengan pengembangan teknologi di berbagai jenis industri.

Mengenal Teknologi Virtual Reality Indonesia

Virtual reality Indonesia

Saat kecil, pasti kamu tidak asing dengan yang namanya PlayStation bukan? Bahkan, permainan ini sempat membuat candu kebanyakan anak-anak karena tampilan karakternya yang seolah-olah hidup.

Nah, penampakan seperti PlayStation ini, kini muncul dengan istilah baru yang diberi nama Virtual Reality. Apa itu Virtual Reality dan fungsinya apa sih?

Virtual reality adalah sebuah teknologi di mana pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna seperti berada di dalam lingkungan tersebut. Mudahnya, jika virtual reality ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka disebut dengan istilah realitas maya.

Baca juga: Keuntungan Ternak Blog bagi Blogger 

Cara Kerja Virtual Reality

Bisa dibilang cara kerja virtual reality ini adalah memanipulasi otak manusia hingga beberapa hal virtual terasa tampak nyata di depan mata.

Semuanya bisa terjadi berkat bantuan kacamata Virtual Reality di mana gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer yang aslinya hanya suatu dunia semu, tetapi tampak seperti dunia nyata karena kamu tanpa sadar tergiring masuk di dunia virtual tersebut.

Nah, selain kacamata virtual atau disebut headset VR  yang berbentuk seperti kacamata selam dengan lensa tertutup. Kacamata selam ini juga acapkali dinamai VR Box.

Fungsi dari VR Box adalah sebagai tempat meletakan smartphone yang digunakan untuk proyeksi gambar virtual.

Kamu bisa menggunakan jenis VR ini dengan smartphone atau teknologi canggih seperti Oculus Rift.

Oculus Rift memiliki fungsi sebagai layar yang menampilkan video atau gambar virtual reality yang terhubung dengan bluetooth.

Sementara fungsi dari VR headseat adalah untuk memberi efek suara. Jadi, jika kamu memasang alat-alat tersebut, seketika itu kamu telah berada di dunia virtual reality dan menghilangkan apa yang ada di sekelilingmu di dunia nyata.

Enaknya lagi, kamu bisa menikmati virtual reality dari mana saja asalkan didukung oleh teknologi canggih, baik komputer maupun smartphone yang bisa diandalkan untuk virtual reality.

Tidak hanya untuk bersenang-senang saja, ternyata VR juga bisa digunakan untuk beberapa hal. Salah satunya bisa membantu perkembangan teknologi lain di sekitarnya.

10 Industri Menggunakan Teknologi Virtual Reality

Berikut ini sudah ada 10 industri penting yang bisa menggunakan teknologi virtual reality Indonesia. Sehingga Anda akan lebih mudah di masa depan.

Gaming

Industri gaming ini paling memerlukan kehadiran VR. Hal ini dilihat dari adanya akuisisi yang dilakukan Oculus Rift oleh Facebook dan kesiapan Sony VR Playstation.

Hal ini berguna untuk menghadirkan ekosistem game dengan adanya teknologi virtual reality Indonesia.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Teknologi Machine Learning

Entertainment

Mulai dari industri film, live event, konser, bahkan pornografi sudah menggunakan VR sebagai daya tarik. Bahkan, dengan adanya headset VR, orang dapat mengambil salah satu bagian dari hiburan tersebut. Sehingga semuanya akan tampil lebih nyata.

Arsitektur dan Real Estate

Melalui adanya teknologi VR, para desainer dapat menggambarkan secara langsung rancangannya terhadap pelanggan. Jadi bisa menggunakan VR tanpa harus menggunakan media dua dimensi seperti brosur ataupun lembar promosi.

Edukasi

Sektor menjadi salah satu hal yang penting terutama untuk bahan belajar anak-anak. Anak-anak akan menjalani pengalaman yang benar-benar nyata untuk melewati proses belajar. Jadi VR tidak akan berhubungan dengan situasi yang membahayakan si anak.

Travel and Hospitality

Sama dengan real estate, di industri ini Anda juga dapat menggunakan VR untuk media promosi. Calon pengunjung akan merasakan terlebih dahulu pengalaman dari lokasi wisata dengan adanya tampilan 3D tersebut.

Fitness

Adanya VR, membuat treadmill atau sepeda statis yang dioperasikan seperti sepeda sebenarnya dapat dipadukan dengan perangkat headset VR. Sehingga orang-orang yang melakukan fitnes bisa berlari atau bersepeda seperti pada lingkungan atau jalan raya.

Militer

Di dalam dunia militer, Amerika serikat juga sudah menggunakan VR untuk melatih para anggotanya. Aplikasi VR dan AR akan membuat targetnya secara virtual.

Engineering

Mesin dan peralatan industri biasanya akan mempelajari VR dan AR melalui model 3D. Dengan begitu, tingkat keselamatan akan diminimalkan dan biaya pengembangan lebih efisien.

Otomotif

Dalam industri ini VR juga sudah digunakan untuk menguji berbagai jenis fitur pada kendaraan tanpa harus turun ke jalan raya. Dengan menggunakan virtual drive, para engineer juga akan menganalisis kesalahan pengembangan pada kendaraan.

Kesehatan

Bila objek latihan untuk operasi diganti menjadi objek virtual. Hal ini akan memudahkan para calon dokter untuk melakukan pelatihan operasi atau tindakan medis lainnya.

Beda Virtual Reality dengan Augmented Reality

Selain Virtual Reality, di zaman serba canggih ini, kamu juga harus paham tentang Augmented reality. Kedua hal ini sudah cukup dikenal dalam perkembangan dunia digital.

Namun, sekalipun keduanya disandingkan, ternyata antara virtual reality disingkat VR dan augmented reality disingkat AR. Memiliki definisi dan fungsi yang berbeda.

Cara kerja VR adalah memutus kontak pengguna dengan dunia nyata dan beralih ke dunia virtual. Sementara AR berfungsi menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual.

Mengenal Lebih Dekat Produk Virtual Reality dan Augmented Reality di Smarteye.id

Kamu bisa menemui banyak produk Virtual reality dan Augmented reality di smarteye.id, yang merupakan startup Amoeba, di mana memiliki beberapa tim  yang terdiri dari developer, animator, pemasar dan manajer, yang rata-rata mereka memiliki passion serta minat yang kuat terhadap perkembangan tren dunia digital dan teknologi.

Smarteye.id memiliki misi mendorong transformasi digital  dengan menggunakan teknologi AR dan VR. Tujuannya adalah untuk pembelajaran di bidang industri, perdagangan, dan seluruh konsumen di Indonesia yang sudah melek digital.

Kesimpulan

Itulah dua istilah dalam teknologi canggih, yakni VR dan AR. Keduanya memiliki perbedaan dan fungsi yang berbeda. Meski demikian, jika dimanfaatkan dengan bijak, pastinya akan memberikan keuntungan.

Jika kamu membutuhkan produk atau layanan virtual reality Indonesia atau Augmented reality Indonesia, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Smarteye.id yang sudah terpercaya dan mampu  membantu mensukseskan bisnis, acara, maupun kebutuhan dan tujuan lainnya.

 

 

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.